Arti AD, BC, CE dan BCE pada Penanggalan

Arti BC, AD, CE dan BCE pada Penanggalan

Posted on

Arti BC, AD, CE dan BCE pada Penanggalan – Kepanjangan BC ialah Before Christ, yang artinya “Sebelum Kelahiran Jesus Kristus”. Sedangkan Kepanjangan AD ialah Anno Domino, yang dapat diartikan juga dengan “In the year of the lord” atau dalam bahasa Indonesia diartikan “Tahunnya tuhan”. Selanjutnya kepanjangan CE ialah Common Era yang posisinya sama dengan AD, dan terakhir kepanjangan BCE ialah Before Common Era sejajar dengan BC. Keempat istilah penanggalan yang tadi disebutkan mempunyai arti sebagai berikut:

Arti AD

AD adalah sebutan untuk penomoran tahun atau penanggalan yang digunakan pada kalender Julian dan Gregorian. Era kalender ini didasarkan pada tahun tradisional yang dihitung sejak kelahiran Yesus dari Nazaret. Di Indonesia AD dikenal juga dengan nama Masehi (M).

Contoh Kalimat dan Penulisan AD:

  • Kerajaan Majapahit adalah salah satu kerajaan terbesar dalam sejarah Indonesia. yang berdiri tahun AD 1293 – 1500

Catatan: Penulisan AD ditulis sebelum tahunnya

Arti BC

BC adalah sebutan untuk penanggalan atau penomoran tahun yang digunakan sebelum kelahiran Jesus Kristus. Pergerakan untuk tahun pada BC semakin kecil, maka tahunnya semakin mendekati AD. Di Indonesia sendiri BC lebih dikenal dengan nama Sebelum Masehi (SM).

Contoh Kalimat dan Penulisan BC:

  • Sebuah koin kuno diperkirakan berasal dari 40 BC

Catatan: Penulisan BC ditulis sesudah tahunnya

Baca Juga: Apa Arti Friendzone?

Arti CE

CE adalah Istilah penanggalan baru dari AD. Sistem penanggalan sebenarnya sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu, namun baru baru benar-benar populer di abad ke-20, khususnya di kalangan ilmuwan.

Arti BCE

BCE adalah Istilah penanggalan baru dari BC. Sistem penanggalan ini muncul berbarengan dengan CE. Sisi positif dari sistem ini ialah adanya konsistensi gaya penulisan tahunnya, yaitu sama-sama didahului dengan angka sebelum diakhiri dengan huruf. Contohnya: 25 BCE dan 1968 CE.

Baca Juga: Kepanjangan AM dan PM pada Jam

Sampai saat ini, pro dan kontra soal penggantian AD dan BC menjadi CE dan BCE terus berlangsung. Ada yang setuju, ada pula yang tidak.

Itulah Arti BC, AD, CE dan BCE pada Penanggalan, pasti anda sudah bisa dong membedekan istilah keempat penanggalan di atas kan? semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *