Negara-negara yang berbatasan dengan Indonesia asli
Foto: Istimewah

Negara-negara Yang Berbatasan Dengan Indonesia

Posted on

Indonesia merupakan sebuah negara di Asia Tenggara sekaligus negara dengan kepulauan terbesar di Dunia. Indonesia sendiri berada di antara daratan benua Asia dan Australia, serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Tercatat terdapat 10 daftar negara-negara yang berbatasan dengan Indonesia, baik berbatasan dengan darat maupun laut/samudra.

Negara Yang Berbatasan Darat Dengan Indonesia

Berikut daftar negara-negara yang berbatasan dengan Indonesia berdasarkan daratan:

1. Negara Malaysia

Negara asal Upin-Ipin menjadi Negara yang paling dekat dengan negara Indonesia, serta yang paling sering terjadi konflik berbatasan. Beberapa wilayah di Indonesia berbatasan langsung dengan Malayisia, diantaranya di Provinsi Termuda di Indonesia yakni Kalimantan Utara yang berbatasan langsung dengan Serawak Malaysia.

2. Negara Papua Nugini

Negara Indonesia dan Negara Papua Nugini berbatasan darat dan laut yang tepatnya sama-sama berada di Pulau Papua. Negara Indonesia dan Negara Papua Nugini menjadi tentangga yang paling dekat karena notebene sama-sama menjadi negara berkembang. Meskipun begitu, Negara Papua Nuginie masih tergolong menjadi negara termiskin di wilayah Asia.

3. Negara Timor Leste

Negara yang berbatasan dengan Indonesia selanjutnya adalah Timor Leste. Kini negara Timor Leste telah resmi menjadi Bagian dari ASEAN. Negera ini dulunya menjadi kekuasaan RI, namun Pada 20 Mei 2002, Timor Timur diakui secara internasional sebagai negara merdeka dengan nama Timor Leste dengan sokongan luar biasa dari PBB. Negara Timor Leste berbatasan langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Juga: Kepanjangan AM dan PM Pada Jam

Negara Yang Berbatasan Laut/Samudra Dengan Indonesia

Berikut daftar negara-negara yang berbatasan dengan Indonesia berdasarkan laut/samudera:

1. Negara Australia

Perjanjian perbatasan negara Indonesia dengan Australia yang meliputi perjanjian batas landas kontinen dan batas Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) mengacu pada Perjanjian negara Indonesia dan Australia yang ditandatangani pada tanggal 14 Maret 1997. Penentuan batas yang baru negara Indonesia dan Australia, di sekitar wilayah Celah Timor perlu dibicarakan secara trilateral bersama Timor Leste.

2. Negara Filipina

Batas maritim antara Negara Indonesia dengan Negara Filipina yang terletak di perairan utara dan selatan Pulau Miangas memang belum ada kesepakatan, hal ini menjadi salah satu isu yang harus dicermati. Forum RI-Filipina yakni Joint Border Committee (JBC) dan Joint Commission for Bilateral Cooperation (JCBC) yang memiliki agenda sidang secara berkala, dapat dioptimalkan menjembatani permasalahan perbatasan kedua belah pihak secara bilateral.

3. Negara India

Perbatasan laut negara Indonesia dan India terletak antara pulau Rondo di Aceh dan pulau Nicobar di India. Batas maritim dengan landas kontinen yang terletak pada titik-titik koordinat tertentu di kawasan perairan Samudera Hindia dan Laut Andaman, sudah disepakati oleh kedua negara meskipun kadang dilanggar oleh nelayan kedua negara.

4. Negara Singapura

Negara Singapura berbatasan laut dengan Indonesia atau tepatnya dengan Provinsi Riau dan Kepri. Permasalahan terjadi saat Singapura melakukan penambangan pasir laut di perairan sekitar Kepulauan Riau yakni wilayah yang berbatasan langsung dengan Singapura dan telah berlangsung sejak tahun 1970. Kegiatan penambangan pasir laut oleh Singapura telah mengeruk jutaan ton pasir setiap hari dan mengakibatkan kerusakan ekosistem pesisir pantai yang cukup parah. Selain itu mata pencaharian nelayan yang semula menyandarkan hidupnya di laut, terganggu akibat penambangan pasir laut tersebut.

5. Negara Thailand

Perbatasan laut negara Indonesia dan Thailand terletak antara Selat Malaka bagian utara dan Laut Andaman adalah wilayah yang menjadi perbatasan antara Indonesia dan Thailand, bahkan kedua negara ini secara daratan letaknya cukup jauh dibandingkan dengan negara Brunai Darusslam. Meskipun cukup jauh, tapi kedua negara ini adalah Tentngga dalam hal kemaritiman.

6. Republik Palau

Hingga saat ini, negara Indonesia dan Palau belum sepakat mengenal batas perairan ZEE Palau dengan ZEE Indonesia yang terletak di utara Papua. Akibatnya sering timbul perbedaan pendapat tentang pelanggaran wilayah yang dilakukan oleh para nelayan kedua negara tersebut.

7. Negara Vietnam

Perbatasan negara Indonesia dan Vietnam terletak pada Pulau Sekatung di Kepulauan Natuna dan Pulau Condore di Vietnam yang berjarak tidak lebih dari 245 mil, memiliki kontur landas kontinen tanpa batas benua, masih menimbulkan perbedaan pemahaman di antara ke dua belah pihak. Pada saat Negara Indonesia dan Vietnam sedang melanjutkan perundingan guna menentukan batas landas kontinen di kawasan tersebut.

Baca Juga: Daftar Hari-hari Besar Indonesia

Itulah daftar negara-negara yang berbatasan dengan Indonesia, baik berbatasan dengan darat maupun laut/samudra. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi refrensi dan wawasan pengetahuan bagi anda yang sedang mencari “Negara Yang Berbatasan Dengan Indonesia”. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *