5 Kuliner Khas Indonesia Yang Bagus Untuk Diet

5 Kuliner Khas Indonesia yang Bagus Untuk Diet

Posted on

Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan tidak ada salahnya mencoba 5 kuliner khas Indonesia yang bagus untuk diet. Makanan ini didominasi oleh sayuran dan berbagai macam rempah di dalamnya. Dan deretan masakan ini mempunyai rasa yang gurih, manis hingga pedas yang siap menggoyang lidah. Hanya mengandung sedikit lemak dan kalori, sehingga cocok banget bua penduduk’s yang sedang diet.

Berikut penduduk.com sajikan dari berbagai sumber mengenai 5 kuliner khas Indonesia yang bagus untuk diet.

1. Asinan Betawi

5 Kuliner Khas Indonesia yang Bagus Untuk Diet
Foto: Istimewah

Asinan betawi biasanya berisikan sayur-sayuran, seperti sawi, kembang kol, tauge, selada, kacang tanah goreng, dan tahu putih. Kuahnya berupa bumbu kacang segar dicampur cuka dan cabai. Untuk pelengkap, asinan betawi ditambahkan kerupuk mie kuning. Zat gizi yang terkandung di dalamnya sangatlah banyak, karena sayuran-sayuran tersebut tidak melewati proses pemasakan otomatis vitamin-vitamin dan mineral tidak rusak maupun hilang. Selain itu, bumbu kacang yang disiram di atas sayuran asinan banyak mengadung protein, cocok buat anda yang diet ketat. Semangkuk asinan hanya megandung kalori sekitar 50 kalori. Namun, jangan membeli asinan yang mengandung pewarna buatan sebab itu justru akan membuat Anda makan berlebihan karena warnanya yang terlalu menarik.

2. Gado-gado

Gado-gado untuk diet
Foto: Istimewah

Gado-gado jadi salah satu menu vegetarian yang mudah ditemukan. Kuliner khas Betawi ini terdiri dari sayuran hijau yang diiris seperti kol, kacang panjang, dan taoge yang direbus. Ada lagi tambahannya berupa tempe, tahu, kentang dan telur rebus. Namun ada juga sebagian pendagang menambahkan variasi yang berbeda, salah satunya dengan menambahkan jagung manis. Kemudian semuanya disiram dengan bumbu kacang dan diakhiri dengan taburan kerupuk ataupun emping.

Baca Juga: Mencicipi Gado-gado dan Ketoprak Margonjreng

3. Karedok

Karedok untuk diet
Foto: Istimewah

Karedok sekilas hampir sama dengan gado-gado. Bedanya sayuran di karedok disajikan mentah dan ditambah mentimun serta daun kemangi. Bumbu kacang yang ada di Menu kuliner khas Sunda ini juga ditambahkan dengan kencur sehingga rasanya pun berbeda dengan gado-gado. Tambahan emping di atas menu ini akan menambah kenikmatannya.

4. Pecel

Pecel untuk diet
Foto: Istimewah

Pecel merupakan makanan yang menggunakan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan aneka jenis sayuran. Pecel dipercaya bisa menjadi santapan yang cukup mengenyangkan, jadi bagus banget nih buat anda yang sedang diet. Makanan ini sangat populer di Jawa terutama di wilayah DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur

5. Urap

Urap untuk diet
Foto: Istimewah

Bagi yang gemar menyantap dedaunan, urap bisa jadi alternatif kuliner yang sedap. Tersaji di atas pincuk atau daun pisang, urap hadir dengan kombinasi isi kacang panjang, taoge, Kol, bayam atau kangkung dengan taburan kelapa parut. Semuanya diracik dengan bumbu mboksiyah yang terdiri atas cabai, terasi dan garam. Dengan dominasi sayuran serta bumbu yang sederhana, urap cocok disebut sebagai salad khas Indonesia dengan bumbu yang sederhana. Cocok buat anda yang tengah menjalani diet ketat.

Itulah 5 kuliner khas Indonesia yang bagus untuk diet dan pastinya menyehatkan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *