Gunung di Indonesia Yang Terdapat Taman Bunga Edelweis

6 Gunung di Indonesia Yang Terdapat Taman Bunga Edelweis

Posted on

Gunung di Indonesia Yang Terdapat Taman Bunga Edelweis  – Edelweis sering dikaitkan dengan keabadian karena di dalam bunga edelweis terkandung hormon etilen yang bisa mencegah kerontokan kelopak bunganya. Bunga langka dan dilindungi ini sering di jadikan simbol cinta, ketulusan, pengorbanan, dan keabadian.

Nama umumnya berasal dari kata Jerman yakni “Edelweis” dari gabungan “edel” yang berarti mulia dan “wies” yang berarti putih. Edelweis merupakan tumbuhan gunung yang sangat indah. Tumbuhan ini hanya tumbuh di ketinggian 1.800 sampai 3.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Berikut penduduk.com sajikan dari berbagai sumber 6 gunung di Indonesia yang terdapat taman bunga Edelweis.

Gunung Gede

Taman Bunga Edelweis di Gunung Gede
Foto: Istimewah

Diposisi pertama gunung di Indonesia yang terdapat taman bunga Edelweis adalah Gunung Gede. Gunung ini berada di wilayah tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, dengan ketinggian 2.958 mdpl. Dilansir dari wikipedia, hutan pegunungan menyelimuti Gunung Gede, yang mencakup zona-zona submontana, montana, hingga ke subalpin di sekitar puncaknya. Hutan pegunungan di kawasan ini merupakan salah satu yang paling kaya jenis flora di Indonesia, bahkan di kawasan Malesia.  hal ini menjadikan Gunung Gede sebagai salah satu laboratorium alam yang menarik minat para peneliti sejak lama. Anda juga bisa mampir ke salah satu lembah terkenalnya, Lembah Suryakencana dan Lembah Mandalawangi di mana tanaman edelweis tumbuh.

Baca Juga: Wisata Gunung Munara Bogor

Gunung Lawu

Taman Bunga Edelweis di Gunung Lawu
Foto: Istimewah

Diposisi kedua gunung di Indonesia yang terdapat bunga Edelweis adalah Gunung Lawu. Gunung ini berada di antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar (Jawa Tengah), Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Magetan (Jawa Timur) dengan ketinggian 3.265 mdpl. Status Gunung Lawu adalah gunung api “istirahat” yang terakhir kali meletus tanggal 28 November 1885 dan telah lama tak aktif, terlihat dari rapatnya vegetasi serta puncaknya yang tererosi. Satu hal yang menarik dari Gunung Lawu adalah keberadaan Taman Bunga Edelweis. Di sana, Anda dapat memandang indahnya bunga edelweis yang subur bermekaran.

Gunung Merbabu

Taman Bunga Edelweis di Gunung Merbabu
Foto: Istimewah

Diposisi ketiga gunung di Indonesia yang terdapat taman bunga Edelweis adalah Gunung Merbabu. Secara administratif gunung merbabu berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah dengan ketinggian 3.145 mdpl. Di gunung merbabu terdapat taman bunga edelweis seluas 50 hektare sekaligus salah satu daya tarik yang ada di gunung ini. Taman edelweis bisa anda dilihat di jalur pendakian Selo, dari Tuk Pakis hingga Sabana satu dan Sabana Dua.

Gunung Papandayan

Taman Bunga Edelweis di Gunung Papandayan
Foto: Istimewah

Diposisi keempat gunung di Indonesia yang terdapat taman bunga Edelweis adalah Gunung Papandayan. Gunung ini berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat dengan ketinggian 2.665 mdpl. Gunung Papandayan punya banyak sekali kawah, mulai dari Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Yang menjadi spesialnya nih, di gunung papandayan terdapat hamparan taman bunga edelweis yang cantik dan cocok untuk di ajak berfoto.

Baca Juga: 3 Travel Influencer Wanita Indonesia

Gunung Rinjani

Taman Nasional Gunung Rinjani
Foto: Istimewah

Diposisi kelima gunung di Indonesia yang terdapat taman bunga Edelweis adalah Gunung Rinjani. Gunung ini berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan ketinggian 3.726 mdpl sekaligus menjadi gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia. Keindahan pemandangan serta eksotisnya bunga abadi di puncak menjadi daya tarik tersendiri dari Gunung Rinjani. Di bawahnya, terdapat pula Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki sekitar 41.330 hektar hutan dan vegetasi alam yang sangat cantik.

Gunung Semeru

Gunung Semeru
Foto: Istimewah

Diposisi keenam gunung di Indonesia yang terdapat taman bunga Edelweis adalah Gunung Sumeru. Gunung ini secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Gunung Semeru termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 mdpl, sekaligus menjadi gunung tertinggi ketiga di Indonesia. Gunung ini memiliki segudang panorama alam yang sangat indah, ditambah ada beberapa danau cantik yang ada di trek pendakian. Di gunung ini juga terdapat taman bunga edelweis yang terkenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *