Daftar kerajaanr kerajaan hindu budha di indonesia

Daftar Kerajaan Kerajaan Hindu Budha di Indonesia

Munculnya kerajaan kerajaan hindu budha di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh persentuhan kebudayaan antara ibu pertiwi dengan India, serta para pedagang dari negeri tetangga dan negeri lainya, seperti China, India, dan Arab.

Berikut ini beberapa daftar kerajaan kerajaan hindu budha di Indonesia lengkap beserta sejarah singkatnya:

1. Kerajaan Kutai

Salah satu kerajaan tertua di Indonesia dan berdiri pada 400 Masehi adalah Kerajaan kutai. Kerajaan ini terletak di hulu sungai Mahakam di Kalimantan Timur.

Terdapat jenis huruf pranagri yang berasal dari India Selatan dan juga adanya tujuh buah Yupa atau prasasti berbentuk tiang batu yang ditulis dengan huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta mendandakan adanya kerajaan Kutai

2. Kerajaan Sriwijaya

Salah satu pusat kerajaan terbesar di pulau Sumatera dan memiliki luas daerah kekuasan yang sangat luas sehingga memberikan pengaruh yang besar terhadap terbentuknya nusantara yakni kerajaan Sriwijaya

Luas kekuasaan kerajaan ini meliputi negara-negara yang berbatasan dengan Indonesia seperti Kamboja, Thailand, Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa barat hingga Jawa Tengah.

3. Kerajaan Majapahit

Kerajaan kerajaan hindu budha di Indonesia selanjutnya adalah Kerajaan Majapahit. Kerajaan ini dianggap sebagai kerajaan terbesar dalam sejarah Indonesia. Kerajaan ini didirikan oleh Raden Wijaya dan mengapai masa kejayaan pada era Raja Hayam Wuruk atau Rajasanagara pada tahun 1350 hingga 1389 berkat dukungan Mahapatih Gajah Mada yang terkenal oleh sumpah Amukti Palapa.

4. Kerajaan Singosari

Kerajaan Singosari merupakan sebuah kerajaan yang berada di wilayah Singosari, Malang, Jawa Timur. Kerajaan Singosari ini berdiri pada tahun 1222 dan didirikan oleh Ken Arok. Adanya candi-candi yang banyak ditemukan di sekitar daerah Singosari menandakan keberadaan kerajaan Singosari

5. Kerajaan Pajajaran

Kerajaan Pajajaran terletak di Parahyangaan Sunda. Kerajaan Pajajaran disebut juga dengan Kerajaan Sunda. Pendiri kerajaan pajajaran adalah Sri Jayabhupati pada tahun 923, hal ini disebutkan dalam prasasti Sanghyang Tapak yang berada di Cibadak, Sukabumi.

Raja Sri Baduga atau yang lebih dikenal Siliwangi merupakan pemerintahan yang membuat kerajaan Pajajaran mencapai puncak kejayaannya.

6. Kerajaan Mataram Kuno

Raja Sanjaya merupakan raja pertama yang memimpin kerajaan Mataram Kuno. Kemudian Wangsa Sanjaya (agama hindu), Wangsa Syailendra (agama Budha) dan mangsa Isana (baru) atau tiga wangsa juga pernah menguasai kekuasaan di Kerajaan Mataram Kuno. Kerajaan ini berada di Bumi Mataram, Jawa Tengah

7. Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara berada di daerah bagian barat pulau jawa dan merupakan salah satu Kerajaan tertua di Indonesia.
Dengan ada banyaknya artefak yang ditemukan di sekitar lokasi kerajaan merupakan bukti adanya Kerajaan Tarumanegara sekaligus bahwa kerajaan beragama Hindu aliran Wisnu.

8. Kerajaan Melayu

Kerajaan Melayu merupakan salah satu kerajaan yang berdiri sejak abad ke-4 Masehi dan berada di wilayah Pulau Sumatera dan berpusat di tepian Sungai Batanghari di Jambi, berpindah ke hulu Sungai Batanghari di Dharmasraya dan berpindah lagi ke Pagaruyung.

9. Kerajaan Wijayapura

Kerajaan Wijayapura adalah kerajaan yang diduga berdiri sejak abad ke-6 atau 7 di Kalimantan Barat dan terletak di sekitar Sungai Rejang. Hal ini tak lepas dari ditemukannya penemuan benda-benda kuno bercorah Hindu seperti patung dan gerabah.

10. Kerajaan Bali

Kerajaan Bali merupakan kerajaan yang berdiri pada abad 9 hingga abad ke 14 masehi. Sri Kesari Warma dewa adalah penguasa pertama Kerajaan Bali. Banyak sekali rakyat Majapahit yang melarikan diri dan menetap di Bali saat kerajaan Majapahit runtuh. Terdapat kepercayaan hingga saat ini bahwa sebagian dari penduduk Bali dianggap sebagai pewaris tradisi Majapahit.

Demikian pendudukcom sajikan pembahasan mengeani daftar kerajaan kerajaan hindu budha di Indonesia semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa membuat menambah pengetahuan kalian tentang sejarah di negara kita ini.

Gravatar Image
Berbagi Cerita Seputar Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − nine =