Wisata Patung Garuda Wisnu Kencana Bali
Foto: istimewah

Objek Wisata Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali

Posted on

Patung Mahakarya Garuda Wisnu Kencana atau yang biasa disingkat dengan GWK merupakan salah satu onjek wisata yang ada di Pulau Dewata Bali, tepatnya berada di bagian selatan pulau Bali. Wisata ini berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 262 meter di atas permukaan laut.

Peresmian patung Garuda Wisnu Kencana yang dilakukan oleh Presiden RI, Joko Widodo, Sabtu (22/9/2018) malam menjadi acara puncak yang menandai selesainya pembangunan patung tersebut di GWK Cultural Park setelah memakan waktu selama 28 tahun.

Sebanyak 120 seniman yang selama ini menyusun dan merampungkan pembangunan patung GWK tersebut dianugerahi penghargaan yang diwujudkan dalam pagelaran bertajuk “Swadharma Ning Pertiwi”.

Pembuatan patung GWK pernah melibatkan 1.000 pekerja yang terbagi menjadi dua, yakni 400 pekerja di Bandung dan 600 pekerja di Bali. Garuda Wisnu Kencana merupakan wujud dari Dewa Wisnu sedang mengendarai seekor Garuda. Dalam agama Hindu, Dewa Wisnu merupakan Dewa Pemelihara.

Fakta menarik mengenai Patung Garuda Wisnu Kencana:

  1. Tinggi keseluruhan patung 121 meter. Tinggi patung 75 meter, berdiri di atas pedestal setinggi 46 meter. (Konon Patung Garuda Wisnu Kencana lebih tinggi dari patung Liberty di Amerika Serikat).
  2. Patung GWK berada pada ketinggian 262 meter di atas permukaan laut.
  3. Material kulit patung adalah campuran tembaga dan kuningan.
  4. Jumlah modul patung 754 modul.
  5. Berat struktur baja 2.000 ton.
  6. Berat kulit patung 900 ton.
  7. Jumlah batang baja yang terpakai 21.000 batang.
  8. Patung GWK menghabiskan 170.000 buah baut.
  9. Patung GWK dirancang untuk mampu bertahan selama 100 tahun.

Dilansir dari wikipedia, selain patung terdapat tempat rekreasi yang ada di Garuda Wisnu Kencana. Berikut tempat rekreasinya:

1. Amphitheatre

Amphitheatre - Garuda Wisnu Kencana
Foto: Istimewah

Amphitheatre adalah tempat di luar ruangan untuk pertunjukan khusus dengan akustik yang dirancang dengan baik. Setiap sore Anda bisa menonton tari Kecak yang terkenal dan gratis yaitu sekitar pukul 18.30 s/d 19.30 WITA. Bahkan Tari Kecak ini dapat dikolaborasikan dengan tarian daerah lainnya.

2. Indraloka Garden

Indraloka Garden - Garuda Wisnu Kencana
Foto: Istimewah

Taman ini diberi nama Indraloka setelah surga Dewa Indra karena pandangan panorama yang indah. Indraloka Garden adalah salah satu tempat paling favorit di GWK untuk mengadakan pesta kecil menengah, pengumpulan dan upacara pernikahan. Kita bisa melihat pemandangan Bali dari atas Indraloka Garden

3. Lotus Pond

Lotus Pond - Garuda Wisnu Kencana
Foto: Istimewah

Lotus Pond adalah area outdoor terbesar di GWK dan Taman Budaya, kemungkinan besar, di Bali. Dengan demikian, Lotus Pond adalah tempat yang tepat dan hanya untuk mengadakan acara outdoor skala besar.

4. Street Theater

Street Theater - Garuda Wisnu Kencana
Foto: Istimewah

Street Theater adalah titik awal dan akhir kunjungan ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Di sini kita dapat menemukan banyak toko dan restoran di satu tempat dan dimana semua perayaan terjadi. Anda bisa mendapatkan souvenir Bali dan merchandise GWK khususnya di GWK Souvenir Shop dan Bali Art Market.

5. Tirta Agung

Tirta Agung - Garuda Wisnu Kencana
Foto: Istimewah

Tirta Agung adalah ruang luar yang sempurna untuk acara menengah. Anda juga dapat mengunjungi patung Tangan Wisnu, bagian dari patung Garuda Wisnu Kencana yang terletak di dekatnya.

6. Wisnu Plaza

Wisnu Plaza - Garuda Wisnu Kencana
Foto: Istimewah

Wisnu Plaza adalah tanah tertinggi di daerah GWK. Pada hari tertentu, akan ada beberapa kinerja tradisional Bali dengan patung Wisnu sebagai latar belakangnya. Karena lokasinya yang tinggi, Anda dapat melihat panorama sekitarnya. Patung Wisnu, sebagai titik pusat dari Wisnu Plaza, dikelilingi oleh air mancur dan air sumur, yang dipercaya sebagai air suci, konon air tersebut tidak pernah kering bahkan pada musim kemarau.

Lokasi Wisata Garuda Wisnu Kencana terletak di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, kira-kira 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar, ibu kota provinsi Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *