Daftar Masjid Terbesar di Indonesia

Berikut ini Daftar Masjid Terbesar Di Indonesia

Posted on

Daftar Masjid Terbesar Di Indonesia – Masjid merupakan tempat beribadah bagi umat muslim, sekaligus mendekatkan diri kepada sang pencipta Allah SWT. Di Indonesia sendiri, musholla dan masjid sangat banyak sekali, sehingga kita dapat mudah menemukannya terutama di wilayah perkotaan. Tentunya hal ini tidaklah mengherankan mengingat bahwa Indonesia adalah mayoritas umat Islam terbesar di dunia.

Untuk dapat menampung umat muslim yang tersebar dari sabang sampai merauke, beberapa masjid sengaja dibangun dengan ukurunya yang besar supaya dapat menampung banyak untuk beribadah. Pastinya di Indonesia terdapat masjid besar yang cukup banyak di berbagai wilayah. Berikut penduduk.com sajikan 5 Daftar Masjid Terbesar Di Indonesia.

1. Masjid Istiqlal Jakarta

Masjid Terbesar di Indonesia yang pertama Masjid Istiqlal Jakarta
Foto: Istimewah

Di urutan pertama masjid terbesar di Indonesia adalah Masjid Istiqlal. Masjid yang terletak di Jakarta ini bisa menempung 150-200 ribu jemaah sekaligus. Frederich Silaban merupakan arsitek dari masjid terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, mulai dari interior hingga eksterior. Masjid Istiqlal Jakarta berdiri di atas lahan bekas Taman Wilhelmina. Di seberang timur masjid ini berdiri Gereja Katedral. Kedua tempat ibadah umat beragama yang berbeda keyakinan ini menjadi percontohan kehidupan yang harmonis di Nusantara.

2. Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Terbesar di Indonesia yang kedua Masjid Islamic Center Samarinda
Foto: Istimewah

Di urutan kedua masjid terbesar di Indonesia adalah Masjid Islamic Center. Masjid yang terletak di Samarinda ini bisa menampung jemaah sebanyak 20 ribu orang dengan lantai sekelilingnya yang masih dapat menampung sekitar 10 ribu jemaah. Luas bangunan utama Masjid Islamic Center Samarinda mencapai 43.500 meter persegi, masjid ini digadang-gadang menjadi masjid terbesar kedua se-Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal Jakarta. Terdapat lafadz Asmaul Husna yang dilapisi batu granit di dinding luar menara. Untuk membangun Masjid ini dibutuhkan waktu sekitar tujuh tahun baru selesai semuanya.

Baca Juga: 30+ Buah Asli Indonesia

3. Masjid Agung Baiturrahman Aceh

Masjid Terbesar di Indonesia yang ketiga Masjid Agung Baiturrahman Aceh
Foto: Istimewah

Di urutan ketiga masjid terbesar di Indonesia adalah Masjid Agung Baiturrahman. Masjid yang terletak di Aceh ini dapat menampung jemaah sebanyak 24 ribu. Disekitar masjid terdapat 12 payung elektrik yang berfungsi untuk menghalangi atau menutup panasnya sinar matahari langsung kepada jemaah yang berada di luar bangunan. Pada saat tsunami melanda Aceh 2004 silam, masjid ini masih tetap beridi kokoh padahal bangunan disekitarnya rata dengan tanah.

4. Masjid Agung Surabaya

Masjid Terbesar di Indonesia yang keempat Masjid Agung Surabaya
Foto: Istimewah

Di urutan keempat adalah Masjid Agung. Masjid yang terletak di Surabaya ini merupakan salah satu icon dari Kota Pahlawan dan sentral kegiatan agama di Surabaya. Berbagai ruangan di masjid ini bisa untuk berbagai kegiatan. Terdapat pula satu tempat yaikni ruang zam-zam yang bisa dipergunakan untuk pernikahan dan mampu menampung sekitar 2000 tamu undangan sekaligus. Masjid Agung Surabaya dibangun dari tahun 1995 sampai tahun 2000.

5. Masjid Kubah Emas Depok, Jawa Barat

Masjid Terbesar di Indonesia yang kelima Masjid Kubah Emas Depok
Foto: Istimewah

Di urutan kelima adalah Masjid Kubah Emas. Masjid yang terletak di kota Depok, Jawa Barat ini mempunyai kubah yang terbuat dari emas murni. Masjid ini berdiri di area sekitaar 70 hektar dan mampu menampung jemaah sebanyak 15 ribu orang.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Depok Yang Cocok Dikunjungi Bareng Keluarga

Itulah daftar masjid terbesar di Indonesia yang harus anda ketahui, terutama bagian kalian yang beragama muslim. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *