Manfaat daun pisang untuk pembungkus makanan

5 Manfaat Dari Daun Pisang yang Berguna Bagi Kehidupan Manusia Sehari-hari

Posted on

Siapa sih yang tak kenal dengan buah pisang? Buah yang kaya akan manfaat mulai dari Buahnya, Batangnya, Jantungnya serta Daunnya. Mungkin sebagian orang sudah mengetahui manfaat dari buah pisang dan jantung pisang itu sendiri. Tapi apakah anda tau manfaat yang tak kalah luar biasanya dari manfaat buah pisang dan jantung pisang? yuppss Daun Pisang. Berikut ini penduduk.com akan menyajikan 5 Manfaat dari daun pisang yang berguna bagi kehidupan manusia sehari-hari:

1. Pembungkus makanan

Manfaat daun pisang untuk kehidupan sehari-hari yang pertama adalah daun pisang sebagai pembungkus makanan. Sejak zaman dahulu, daun pisang merupakan alat dalam hal membungkus makanan. Mempunyai tekstur daun yang kuat dan berserat, serta mempunyai aroma khas yang ditimbukan, membuat daun pisang ini paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk membungkus makanan.

2. Melindungi dari hujan dan panas matahari

manfaat daun pisang sebagai payung
Foto: Istimewah

Manfaat daun pisang untuk kehidupan sehari-hari yang kedua adalah melindungi dari hujan dan panas matahari. Selain dapat digunakan untuk membungkus makanan, daun pisang juga sering digunakan sebagai payung darurat. Strukturnya yang lebar dan kokoh pada daun buah pisang seringkali dijadikan pilihan darurat untuk melindungi tubuh kita dari terik panas matahari serta juga hujan, bisa dibilang pengganti payung. Selain itu, daun pisang tidak mudah hancur apabila terkena air.

Baca Juga: Manfaat Daun Kelapa Untuk Kehidupan Sehari-hari dan Penghasilan Tambahan

3. Penghilang demam

Manfaat daun pisang untuk kehidupan sehari-hari yang ketiga adalah penghilang demam. Jujur ini adalah pengobatan tradisional, dan admin belum coba sendiri. Namun menurut beberapa sumber yang ada di internet, katanya akan berhasil, nah caranya cukup mudah yaitu ambil sebagian dari daun pisang lalu oleskan dengan minyak kelapa dan ditempelkan dibeberapa bagian tubuh contohnya seperti pingang dan dahi. Ini adalah obat kompres alami pada jaman dulu.

4. Dijadikan sarana bermain.

manfaat daun pisang untuk mainan
Foto: Istimewah

Manfaat daun pisang untuk kehidupan sehari-hari yang keempat adalah daun pisang dapat dijadikan sarana bermain. Mungkin saat ini sudah jarang ada anak-anak yang bermain menggunakan daun pisang, hanya sebagian desa di Indonesia yang masih mempertahankan permainan ini. Padahal jika kita menenggok kebelakang daun pisang merupakan salah satu permainan yang sering digunakan bermain oleh anak-anak. Contoh Permainannya : satu orang menarik ujung daun pisang dan satu lagi duduk di atas daun pisang mereka saling balapan sampai batas yang telah ditentukan, biasanya ada 2 atau lebih untuk lawan bermainnya

Baca Juga: Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa Untuk Kehidupan Sehari-hari

5. Hiasan upacara adat

manfaat daun pisang untuk acara adat
Foto: Istimewah

Manfaat daun pisang untuk kehidupan sehari-hari yang kelima adalah hiasan upacara adat. Pernah ke bali? Pasti lihat banyak sesajen kan? Sesajen banyak jenisnya dan ga sedikit yang menggunakan daun pisang sebagai hiasan dari sesajen untuk dewa-dewi tersebut. Dan juga merupakan alas makanan dari beberapa sesajen yang diberikan, serta disematkan dibeberapa tempat sehingga terlihat menawan dan menarik hati. Ya memang daun pisang itu elastis sehingga dapat dibentuk sedemikian rupa hingga terlihat indah.

Itukah 5 manfaat daun buah pisang untuk kehidupan sehari-hari yang masih belum diketahui sebagian orang, semga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *