Contoh Penyedap Rasa Alami dan Penyedap Rasa Buatan

Contoh Penyedap Rasa Alami dan Penyedap Rasa Buatan

Garam, Gula, Lada, Micin dan Terasi merupakan beberapa contoh penyedap rasa yang sangat mudah dijumpai di pasar maupun warung kebutuhan rumah tangga.

Hampir semua bumbu masak penyedap rasa di atas selalu ada di setiap makanan yang kita konsumsi. Pasti anda juga pernah merasakan makanan yang manis atau asin bukan? Bisa jadi itu karena terlalu banyak gula ataupun garam.

Berbicara mengenai penyedap rasa apakah kamu tahu perbedaan penyedap rasa alami dan buatan? Jika belum tepat banget nih, karena kali ini pendudukcom akan membahas pengertiannya dan contoh penyedap rasa alami dan penyedap rasa buatan.

Penyedap alami adalah jenis penyedap yang diperoleh dari alam, seperti tumbuhan dan juga hewan. Jenis penyedap ini dapat dikonsumsi secara langsung atau diproses terlebih dahulu.

Sedangkan penyedap buatan adalah jenis penyedap yang diperoleh dari hasil sintesis kimia. Penyedap ini dibuat oleh manusia dengan beberapa campuran bahan lainnya.

Contoh Penyedap Rasa Alami

Berikut ini beberapa contoh dari bumbu masak penyedap rasa alami:

  1. Garam

Garam merupakan bumbu masak yang sangat mudah kita temui di Indonesia. Garam dipercaya dapat memberikan rasa asin pada masakan.

  1. Gula

Bumbu masak yang sering dijumpai berikutnya yakni Gula. Penyedap rasa ini sering dijadikan sebagai rasa manis masakan, serta bisa juga dijadikan rasa gurih untuk meyeimbangkan asinnya garam.

  1. Lada

Baik lada hitam ataupun putih dapat memberikan rasa yang spicy tanpa perlu menggunakan cabai di makanan.

  1. Bawang Merah dan Putih

Bawang merah dan bawang putih merupakan penyedap rasa alami yang paling sering digunakan hampir di setiap masakan khas Indonesia. Aroma dan cita rasa yang diberikan menjadi keunggulan keduanya.

  1. Kaldu Ayam, Sapi dan Jamur

Kaldu Ayam, sapi dan jamur dipercaya bisa mempunyai rasa yang menyerupai micin sebagai penguat rasa, meski hanya terbuat dari bahan alami masakan anda bisa menjadi umami lhoo.

Contoh Penyedap Rasa Buatan

Berikut ini beberapa contoh dari bumbu masak penyedap rasa buatan:

  1. MSG / micin

Monosodium Glutamat (MSG) atau yang lebih populer dengan sebutan micin, merupakan penyedap rasa yang sangat terkenal di pasaran. Micin dipercaya sebagai penguat rasa.

  1. Cuka

Penyedap rasa buatan lainnya yang banyak digunakan yakni cuka. Cuka sendiri berfungsi sebagai pemberi rasa asam pada masakan. Biasanya dapat kita jumpai di tukang bakso ataupun mpek-mpek.

  1. Esen

Terakhir ada Esen. Esen sendiri sering dipakai sebagai pemberi rasa dan aroma, pada kue atau makanan yang manis.

Sampai sini anda pasti sudah tahu kan fungsi dari contoh penyedap rasa alami dan penyedap rasa buatan? Yupss sama-sama sebagai bumbu masak agar makanan dapat terasa asin, manis, gurih dan sebagainya.

Gravatar Image
Berbagi Cerita Seputar Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + six =