Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa

Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa Untuk Kehidupan Sehari-hari

Posted on

Pemanfaatan limbah sabut kelapa tidak hanya dapat menjadi penghasilan tambahan saja. Kita juga dapat memanfaatkan limbah sabut kelapa untuk kehidupan sehari-hari. Sehingga tidak mubajir sabut kelapa yang biasanya dibuang begitu saja.

Pohon kelapa itu sendiri merupakan salah satu jenis tumbuhan yang bisa dimanfaatkan seluruh pohonnya. Mulai dari akar, batang, buah, hingga ke daun kelapanya. Penduduk.com kali ini akan mensajikan Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa Untuk Kehidupan Sehari-hari

1. Limbah Sabut Kelapa sebagai media pembakaran

Bagi yang sering menggunakan arang dari batok kelapa, pasti juga sering memanfaatkan sabut kelapa sebagai salah satu media untuk membakar batok kelapa tersebut. Anda juga dapat melihat kegiatan pemanfaatan limbah sabut kelapa sebagai alat pembakaran di restoran-restoran padang sebagai pengganti kertas. Hal ini dikarenakan oleh sifat alami dari sabut kelapa itu sendiri yang mudah terbakar dan dapat menghasilkan api yang baik.

2. Limbah Sabut Kelapa sebagai pembuatan briket lingkungan

Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa sebagai pembuatan briket lingkungan
Foto: Istimewah

Sabut kelapa memiliki manfaat yang sangat baik untuk pembuatan briket. Selama ini, yang kita kenal, briket hanyalah terbuat dari batubara, namun demikian, ternyata briket juga dapat diolah dan dibuat dari limbah sabut kelapa. Hal ini tentu saja merupakan suatu penemuan yang menarik, karena selain ramah lingkungan, biaya produksi dari pembuatan briket pun akan jauh lebih murah dibandingkan menggunakan batubara.

Baca Juga: Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa Untuk Menjadi Penghasilan Tambahan

3. Limbah Sabut Kelapa sebagai pembuatan coco net

Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa sebagai pembuatan coco net
Foto: Istimewah

Coco net merupakan salah satu bentuk olahan dari pemanfaatan limbah sabut kelapa yang berbentuk seperti jaring-jaring. Coco net ini biasanya digunakan untuk mencegah terjadinya longsor pada daerah yang memiliki undakan, sehingga dapat meminimalisir terjadinya bencana longsor pada suatu daerah.

4. Limbah Sabut Kelapa sebagai penetralisir air dan bau semen pada kolam ikan yang baru selasai dibuat

Bagi para peternak ikan, baik itu ikan hias maupun ikan ternak yang ditempatkan pada kolam-kolam semen, pastinya sabut kelapa sudah tidak asing lagi di telinga mereka. Itu dikarenakan limbah sabut kelapa sering dimanfaatkan untuk menetralisir kandungan air yang ada pada kolam yang baru selesai dibuat, dan juga digunakan untuk menghilangkan bau semen dari kolam tersebut. Hal ini biasa dilakukan untuk mencegah kemungkinan ikan akan mati, karena ikan tidak tahan dengan campuran air dan juga bau semen yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *