Manfaat Daun Kelapa

Manfaat Daun Kelapa Untuk Kehidupan Sehari-hari dan Penghasilan Tambahan

Posted on

Pohon kelapa merupakan salah satu tumbuhan yang hampir semua bagian tubuhnya bermanfaat, mulai dari batang, buah, air kelapa, daging buah kelapa, hingga tempurung dan daun kelapa. Kali ini saya akan membahas manfaat daun kelapa untuk kehidupan sehari-hari dan penghasilan tambahan.

Dilansir dari wikipedia, Kelapa atau dalam bahasa latinnya Cocos nucifera adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tumbuhan kelapa bisa dimanfaatkan hampir seluruh bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini disebut buah kelapa. Banyak yang meyakini tumbuhan kelapa diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, namun kini telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia

Bila kita kita perhatikan kalimat di atas dengan seksama, bahwa tumbuhan kelapa hampir semuanya bisa dimanfaatkan oleh manusia. Jadi saya rasa wajar bila daun kelapa bisa digunakan dalam kehidupan dan juga mennjadi nilai tambah penghasilan. Berikut penduduk.com sajikan manfaat daun kelapa untuk kehidupan sehari-hari dan penghasilan tambahan.

Manfaat Daun Kelapa Untuk Kehidupan Sehari-hari

1. Daun Kelapa Bisa Dijadikan Membuat Cemeti

Manfaat Daun Kelapa Untuk Cemeti
Foto: Istimewah

Cemeti atau biasa disebut juga dengan pecut pada umumnya terbuat dari rotan. Namun kini sebagian orang yang sulit untuk mendapatkan rotan, mereka memilih alternatif tulang daun kelapa sebagai pengganti rotan. Cemeti yang terbuat dari lidi kelapa sudah di pasarkan diberbagai kota di Indonesia.

2. Daun Kelapa Bisa Dijadikan Burung Mainan

Manfaat Daun Kelapa Untuk Burung Mainan
Foto: Istimewah

Anda dapat membuat bermacam-macam kerajinan tangan dari daun kelapa muda atau “janur”, salah satunya adalah burung mainan. Meskipun disebut burung mainan, namun bagi orang-orang jawa burung mainan ini dijadikan salah satu simbol pernikahan adat jawa. Dikatakan sebagai  burung mainan  karena setelah acara adat jawa telah selesai maka burung dari janur ini akan digunakan anak-anak kecil untuk mainan.

3. Daun Kelapa Bisa Dijadikan Pakan Ternak

Manfaat Daun Kelapa Untuk Pakan ternak
Foto: Istimewah

Daun kelapa tua dan muda, bisa digunakan sebagai alternatif pakan ternak. Seperti sapi dan kerbau. Biasanya daun kelapa yang dijadikan untuk pakan ternak daun kelapa yang sudah diambil lidinya.

4. Daun Kelapa Bisa Dijadikan Atap Rumah

Manfaat Daun Kelapa Bisa Dijadikan Atap Rumah
Foto: Istimewah

Selain daun ilalang dan rumbia, daun kelapa bisa menjadi alternatif pembuatan atap rumah pada zaman dahulu. Proses pembuatan daun kelapa menjadi atap tergolong lebih mudah jika dibandingkan dengan menggunakan daun ilalang. Daun kelapa yang belum begitu kering dianyam terlebih dahulu dengan rapi. Kemudian cara menganyamnya juga menggunakan teknik tersendiri, dengan menggunakan bambu dibagian atas lipatannya, daun kelapa juga akan dirajut menggunakan tali dari bambu. Biasanya kita dapat menjumpai atap menggunakan daun kelapa di daerah pedesaan dan daerah pantai.

Baca Juga: Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa Untuk Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Daun Kelapa Untuk Penghasilan Tambahan

1. Daun Kelapa Bisa Dibuat Hiasan Pernikahan

Manfaat Daun Kelapa Bisa Dibuat Hiasan Pernikahan
Foto: Istimewah

Di Indonesia, Mayoritas adatnya menggunakan janur sebagai lambang pesta pernikahan. Terdapat makna yang berbeda-beda di setiap daun kelapa muda ini. Janur berwarna kuning bisa dijadikan sebagai hiasan pada pesta pernikahan. Bahkan bagi beberapa daerah, janur kuning akan di letakkan di tepi jalan sebagai petunjuk adanya pesta  yang tidak terlalu jauh dari janur berada. Pembuatan hiasan pernikahan dari Janur bisa untuk menambahkan penghasilan, pasalnya tempat pembuatan hiasan pernikahan dari Janur sudah mulai berkembang luas jadi sangat berpotensi untuk menambah pendapatan penghasilan apabila anda membuka usaha Hiasan Pernikahan.

2. Daun Kelapa Bisa Dibuat Sapu Lidi

Manfaat Daun Kelapa Bisa Dibuat Sapu Lidi
Foto: Istimewah

Pembuatan sapu lidi juga bisa menambah pendapatan penghasilan anda. Sapu lidi sendiri merupakan salah satu hasil pemanfaatan dari pohon kelapa yaitu bagian daunnya. Lidi ini merupakan tulang daun kelapa. Daun kelapa yang sudah tua biasanya akan dipilih untuk dijadikan sapu lidi. Pembuatan dapu lidi terbilang mudah, kita hanya memisahkan daunnya dengan tulang daunnya, kemudian dikumpulkan dan diikat lidi tersebut.

3. Daun Kelapa Bisa Dibuat Tusukan Sate

Manfaat Daun Kelapa Bisa Dibuat Tutusukan Sate
Foto: Istimewah

Pembuatan tusuk sate juga bisa menambah pendapatan penghasilan anda. Lidi menjadi alternatif utama pembuatan tusuk sate. Karena pada umumnya untuk pembuatan tusuk sate banyak yang menggunakan bambu. Tusuk sate yang terbuat dari lidi kelapa ini lebih praktis jika dibandingkan dengan menggunakan bambu.

4. Daun Kelapa Bisa Dibuat Menjadi Ketupat

Manfaat Daun Kelapa Bisa Dibuat Menjadi Ketupat
Foto: Istimewah

Daun kelapa muda atau janur merupakan kompenen penting dalam pembuatan ketupat. Daun yang kita gunakan dalam pembuatan ketupat sebaiknya daun yang masih berwarna kuning atau hijau muda. Ketupat sering kita jumpai pada lebaran atau hari raya idul fitri. Pembuatan ketupat dengan menggunakan daun kelapa muda sudah menjadi tradisi sejak zaman dahulu. Pembuatan Ketupat sangat berpotensi untuk menambah pendapatan penghasilan anda.

5. Daun Kelapa Bisa Dibuat Kerjainan Tangan

Daun Kelapa Bisa Dibuat Menjadi Kerajinan tangan
Foto: Istimewah

Pembuatan kerajinan juga bisa menambah pendapatan penghasilan anda.  Kerajinan tangan berupa terompet, keris dan masih banyak lagi jenisnya dapat dibuat dari daun kelapa. Dengan adanya kreatifitas yang dimiliki seseorang, daun kelapa dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga menghasilkan kerajinan yang menarik.

Baca Juga: Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa Untuk Menjadi Penghasilan tambahan

Itulah manfaat daun kelapa untuk kehidupan sehari-hari dan penghasilan tambahan. Anda juga dapat menghasilkan karya lainnya dengan menggunakan daun kelapa. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *