Daftar Kabupaten dan Kota Provinsi Aceh Indonesia

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Aceh, Indonesia

Aceh adalah sebuah provinsi di Indonesia dengan ibukota Banda Aceh, terdapat 23 kabupaten dan kota di provinsi Aceh, Indonesia. Provinsi ini terletak di ujung utara pulau Sumatera. Dimana sebelah utara Aceh berbatasan dengan Teluk Benggala, di sebelah timur Aceh ada Selat Malaka, di sebelah barat Aceh Samudra Hindia, dan di sebelah tenggara dan selatan berbatasan dengan provinsi Sumatera Utara.

Nama Aceh Darussalam merupakan nama pertama kali dari Provinsi Aceh, tepatnya pada tahun 1511 – 1959. Kemudian pada tahun 1959 – 2001 berubah lagi menjadi Daerah Istimewah Aceh. Di tahun 2001 – 2009 provinsi ini kembali mengubah namanya menjadi Nanggroë Aceh Darussalam. Dan terakhir Aceh pada 2009 – sampai saat ini.

Sebelum dikenal dan populer dengan nama Aceh, penulisan sebelumnya yaitu ditulis dengan Acheh, Atjeh, dan Achin. Yang uniknya lagi Aceh juga d juluki dengan “Serambi Mekkah” yang merupakan sebuah gelar bernuansa keagamaan, keimanan dan ketakwaan.

Di 23 kabupaten dan kota di Aceh, Indonesia terdapat 243 Kecamatan dan 5827 gampong. Dilansir dari situs wikipedia, “Gampong merupakan pembagian wilayah administratif di Provinsi Aceh, Indonesia. Gampong berada di bawah Mukim. Gampong merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Gampong berbeda dengan kelurahan, karena Gampong memiliki hak untuk mengatur wilayahnya yang lebih luas. Jadi Gampong tidak termasuk bawahan dari kecamatan (Sagoe Cut) dan kabupaten atau kota (Sagoe). Namun dalam perkembangannya, sebuah gampong dapat diubah statusnya menjadi sebuah kelurahan.

Berbicara mengenai suatu wilayah tak lengkap rasanya bila tak berbicara tentang kodepos. Karena sebuah kodepos merupakan peran penting sebagai penanda suatu daerah di sebuah negara. Untuk bisa melihat kodepos pada kecamatan atau gampong silahkan pilih Kabupaten dan Kota di Provinsi Aceh, Indonesia, di bawah ini :

  1. Kabupaten Aceh Barat
  2. Kabupaten Aceh Barat Daya
  3. Kabupaten Aceh Besar
  4. Kabupaten Aceh Jaya
  5. Kabupaten Aceh Selatan
  6. Kabupaten Aceh Singkil
  7. Kabupaten Aceh Tamiang
  8. Kabupaten Aceh Tengah
  9. Kabupaten Aceh Tenggara
  10. Kabupaten Aceh Timur
  11. Kabupaten Aceh Utara
  12. Kabupaten Bener Meriah
  13. Kabupaten Bireuen
  14. Kabupaten Gayo Lues
  15. Kabupaten Nagan Raya
  16. Kabupaten Pidie
  17. Kabupaten Pidie Jaya
  18. Kabupaten Simeulue
  19. Kota Banda Aceh
  20. Kota Langsa
  21. Kota Lhokseumawe
  22. Kota Sabang
  23. Kota Subulussalam
Gravatar Image
Berbagi Cerita Seputar Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + two =